Electronic Resource
Informatika (Kurikulum Merdeka) : Buku Siswa untuk SMP Kelas VII
Kurikulum dalam buku ini merupakan capaian pembelajaran yang dikembangkan perfase, tidak dirumuskan perjenjang (kelas). Dalam konsep capaian pembelajaran per fase ini, sekolah dapat menerapkan alur pembelajaran dan mengatur kegiatan yang sesuai dengan kondisi sekolah
agar siswa dapat belajar sesuai dengan tingkatan kemampuannya (teaching at the right level) dalam mencapai capaian minimal.
Mata pelajaran Informatika diharapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang berkontribusi pada terwujudnya profl pelajar Pancasila,
khususnya dalam hal menumbuhkan daya nalar kritis dan kreatif siswa, serta bergotong royong dalam kebinekaan global di dunia maya.
Mata pelajaran Informatika akan dapat menyumbangkan kemampuan berpikir komputasional yang dilandasi oleh logika matematika.
Kemampuan berpikir komputasional ini merupakan elemen penting dalam tes PISA untuk literasi, numerasi dan literasi sains. Melalui
kemampuan berpikir komputasional ini, mata pelajaran Informatika dapat menyumbangkan cara berpikir untuk penyelesaian persoalan secara efektif, efsien dan optimal dalam berbagai bidang kehidupan yang saat ini tak dapat dipisahkan dari pemakaian komputer. Selain itu, mata pelajaran Informatika juga menyumbangkan keterampilan berteknologi, khususnya dalam penggunaan tools (perkakas) TIK untuk mendukung analisis dan interpretasi data, serta pemecahan persoalan. Dengan demikian, mata pelajaran Informatika juga dapat menyumbangkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat dan adaptif, agar SDM Indonesia dapat bertahan di dunia yang VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous).
Sesuai dengan konsep Capaian Pembelajaran, buku ini disusun mengacu pada capaian pembelajaran Informatika Fase D untuk SMP, yang
alur pembelajarannya disusun untuk tingkat kesulitan yang berjenjang dan bertahap pada kelas 7, 8 dan 9. Diharapkan, siswa SMP terampil
berpikir, berkarya dan berteknologi, menjadi computationally literate, sebagai anggota masyarakat dan sekaligus warga digital yang berakhlak baik di dalam masyarakat baik di alam nyata maupun di alam digital.
Buku ini adalah buku Informatika pertama yang diterbitkan. Diharapkan buku ini dapat memberikan gambaran keserbacukupan
elemen pengetahuan dan kedalaman pengetahuan yang sesuai dengan yang diharapkan perancang kurikulum. Penting kiranya bagi guru
Informatika untuk membaca buku ini mengingat sebelum mata pelajaran Informatika disahkan sebagai bagian dari Capaian Pembelajaran, hanya dikenal mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), padahal TIK sesungguhnya hanya bagian dari Informatika.
Tidak tersedia versi lain